Thursday, April 11

2:54 PM
4
Peneliti di European Southern Observatory melalui teleskop luar angkasa berhasil menangkap gambar penampakkan 'gelembung hijau' di luar angkasa. Peneliti berusaha menjelaskan asal-usul awan hijau "berhantu" di konstelasi Southern Hemisphere Scutum (The Shield).

Dilansir Sciencemag, Rabu (10/4/2013), gambar ini diklaim sebagai tangkapan terbaik dari objek yang baru sedikit diketahui. Objek misterius ini disebut IC 1295, yang merupakan nebula planet.

Nebula planet ini merupakan awan debu yang melebar dari bintang yang akan mati. IC 1295 terletak sekira 3.300 tahun cahaya dari Bumi.

Nebula planet ini juga terdiri dari beberapa material, di mana masing-masing material tersebut dimuntahkan dari bintang pusat. Material tersebut lalu berubah menjadi hijau menyala karena dominasi oksigen terion.

Selama beberapa miliar tahun ke depan, pusat bintang akan bersuhu rendah untuk menjadi bintang kerdil putih. Bintang ini akan memiliki ukuran sekira satu sampai delapan kali ukuran matahari di tata surya.

Nebula planet biasanya berlangsung selama 10 ribu tahun dan tidak memiliki hubungan terhadap planet-planet yang ada di tata surya. Kabarnya, nebula planet pernah ditemukan pertama kali di abad ke-18, di mana terdapat gumpalan yang tampak mirip dengan gas raksasa Uranus.

4 komentar:

  1. artikel ini sepertinya di ambil dari okezone dan okezone kutip dari Redorbit...

    ReplyDelete
  2. yuk mampir juga ke http://goo.gl/Gq9VaW

    ReplyDelete
  3. anda binggung mau ngapain saat anda di rumah
    jangan bingung-binggung ayuk segera bergabung
    kami sebagai agen poker
    memberikan banyak promo menajubkan ayuk buruan

    Hot Promo Di Sahabatpk,com Hingga 15%
    Promo Referral Hingga 15% ( Seumur hidup )
    Bonus Turn Over 0.5%

    Agen Poker Terpercaya

    ReplyDelete